PESONA SUAKA AIR TERJUN PULAU LOMBOK

Pesona Pulau lombok tentu saja sudah tidak dapat diragukan lagi. Bahkan gempa sekalipun yang telah mengguncang pulau lombok juli lalu tidak membuat pulau ini kehilangan pesonanya. Menurut situs travel dan leisure pada tahun 2018 lombok menempati urutan ke 3 sebagai pulau terbaik di dunia. Pulau Lombok memang pantas menjadi pulau terbaik ke-3, selain memiliki banyak gili, deretan pantai yang eksotis, Pulau Lombok juga memiliki sejumlah air terjun yang tidak kalah mempesona. Air terjun bisa menjadi alternatif pilihan kamu karena selain tersebar di berbagai pulau Lombok, destinasi air terjun juga menyuguhkan pemandangan alam hijau dan air jernih nan segar yang jatuh langsung dari atas pegunungan. Selain itu destinasi air terjun juga memberikan pengalaman seru menjelajahi alam berbukit maupun hutan. Tidak kalah menarik bukan dari destinasi liburan pantai. Jika kamu  penasaran berikut ini 10 refrensi surga air terjun yang dapat kamu kunjungi di Pulau Lombok

AIR TERJUN TIMPONAN

Air terjun timponan ini berada di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, lokasinya kurang lebih berjarak 38 km dari Bandara International Lombok dan satu jam perjalanan dari kota mataram. Untuk mencapai air terjun ini tentu saja kamu harus menyusuri jalan setapak dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam dari tempat parkir kendaraan, tapi tenang saja selama perjalanan kamu akan di suguhkan dengan keindahan pohon rindang yang jarang kamu temui. Perjalanan 2 jam yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan air terjun dengan ketinggian 45 meter. Air jernih, segar dengan kolam berdiameter 10 meter di bawahnya membuat kamu tak betah berlama-lama berada di atas tanah. Tidak perlu membayar mahal untuk menikmati pesona air terjun timponan. Kamu hanya perlu membayar biaya masuk dan parkir sebesar Rp.4.000/orang. Biaya yang cukup terjangkau untuk pemandangan yang luar biasa indah.

AIR TERJUN TIBU IJO

Masih di lombok barat, air terjun satu ini berlokasi di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari. Lokasi air terjun ini hanya berjarak 13 km atau 25 menit dari kota mataram. Perjalanan menuju lokasi ini akan kamu lalui melalui jalur di dalam pedesaan, kebun aren dan perbukitan. Dari tempat parkir kendaraan tentu saja kamu harus menempuh jalur perjalanan selama 45 menit dengan berjalan kaki. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena kamu akan disajikan dengan pemandangan hijau serta aktivitas warga memanen pohon aren. Sesampainya kamu di air terjun rasa lelah kamu akan terobati dengan pemandangan air terjun dengan kolam berwarna hijau. Konon katanya kolam ini tidak memiliki dasar, nah hal tersebutlah yang menyebabkan air pada kolam berwarna hijau. Selain bermain air, kamu juga bisa mencoba aktraksi yang lebih menegangkan yaitu melompat dari atas bebatuan menuju kolam tak berdasar, tapi harus tetap berhati-hati ya. Untuk menikmati keindahan pesona air terjun yang dikeliling perbukitan hijau dan kebun aren kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 saja. Cukup terjangkau bukan?.

AIR TERJUN BENANG KELAMBU

Air terjun benang kelambu terletak di kabupaten lombok tengah, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara. Air terjun benang kelambu dapat ditempuh melalui jalur kota mataram yang hanya berjarak 32 km. Menikmati pesona air terjun bak benang berbentuk tirai ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp.10.000/orang dan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu gunakan. Untuk mencapai titik air terjun ini tentu saja kamu harus berjalan lagi dari tempat parkir kendaraan, jaraknya sekitar 20-30 menit dengan berjalan kaki. Bagi kamu yang tidak ingin berjalan kaki, tenang saja ada fasilitas ojek yang disediakan oleh warga setempat. Cukup membayar Rp20.000-25.000 sekali jalan kamu sudah tiba di titik terdekat air terjun. Perjalanan kamu akan terbayar lunas setelah tiba di air terjun ini. Air terjun bertingkat berbentuk tirai dengan ketinggian 40 meter akan menyambut kedatangan kamu. Rindangnya tetumbuhan hijau di sekitar air terjun menambah pesona dan kesegeran alam di lokasi air terjun ini. Jika teman-teman ingin mandi dan bermain air, air terjun ini aman karena memiliki debit yang tidak terlalu besar, selalin itu juga ada kolam untuk tempat kamu berendam dan menikmati segarnya air dari pegunungan membuat kamu betah berlama-lama di kawasan ini.

AIR TERJUN MANGKU KODEK


Pesona lombok tidak hanya ada disatu atau dua kabupaten saja loh, hampir semua kabupaten di lombok memiliki destinasi air terjun yang mempesona. Kabupaten lombok timur juga menyuguhkan destinasi air terjun salah satunya mangku kodek. Lokasinya berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun. Kamu hanya butuh waktu  2 jam dari kota mataram dan 2 jam 59 menit dari Bandara International Lombok. Air terjun mangku kodek terletak 10 menit dari air terjun mangku sakti. Jika kamu mengunjungi mangku sakti jangan lupa untuk berjalan sedikit lagi menuju air terjun mangku kodek. Perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi mangku kodek dapat kamu tempuh selama 30 menit. Untuk mempermudah kamu mencapai titik terdekat air terjun, kamu bisa menggunakan jasa ojek penduduk setempat dengan biaya Rp.50.000-Rp.100.000. Nah keterampilan tawar menawar kamu akan di uji disini. Kalau bisa menawar kamu dapat menuju lokasi air terjun dengan harga terjangkau.

Sampai pada titik parkir, kamu harus berjalan kaki lagi untuk melewati hutan, bebatuan dan sungai untuk menuju lokasi air terjun ini. Butuh waktu sekitar 20-30 menit dan kamu langsung disuguhkan pemandangan luar biasa. Air terjun dengan ketinggian 3 menter yang tersembunyi di antara tebing bebatuan benar benar memanjakan mata kamu. Kamu akan menemui air biru kehijauan akibat dari aktivitas gunung rinjani yang mengandung belerang. Yang lebih menarik lagi di bawah air terjun ini ada kolam kecil untuk bermain air. Tapi teman-teman juga harus berhati-hati agar tidak terbawa arus karena pusaran air yang ada. Kamu hanya perlu membayar karcis Rp.7.000/orang untuk menikmati 3 air terjun sekaligus.

AIR TERJUN KUDA SEMBRANI

Air terjun kuda sembrani ini terletak di deretan air terjun mangku sakti dan mangku kodek. Rasanya tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi air terjun mangku sakti. Hanya bermodalkan biaya karcis dan ojek yang telah kamu bayar untuk menikmati wisata alam air terjun mangku kodek, kamu juga bisa langsung menikmati air terjun ini. Dibandingkan dengan kedua air terjun sebelumnya, air terjun kuda sembrani masih jarang dikunjungi wisatawan, tentu saja ini akan menambah pesonanya sendiri. Untuk mencapai lokasi ini kamu hanya perlu berjalan 500 meter lagi dari air terjun mangku kodek. Tapi kamu harus tetap berhati-hati karena track menuju air terjun ini cukup menantang. Setelah berjuang mencapai titik ini lagi-lagi kamu dibuat terkagum dengan pesona alam Pulau Lombok. air terjun ini hampir mirip dengan mangku kodek, dihimpit oleh bebatuan besar. Aliran air terjun membentuk kolam yang dikeliling oleh bebatuan besar.

AIR TERJUN DEWI SELENDANG

Masih di kawasan kabupaten lombok timur, air terjung dewi selendang berada di bukit sembalun tepatnya Jl. Raya Sembalun Lawang, Desa. Bilok Petung, Kec. Sembalun. Lokasi ini dapat kamu tempuh dalam waktu 2 jam dari kota mataram. Untuk mencapai titik air terjun kamu harus berjalan kaki melewati perkebunan serta aliran sungai berbatu. Teman-teman harus berhati-hati karena sungai ini memiliki batu yang licin. Perjalanan menuju air terjun ini bisa kamu tempuh dalam waktu 20 menit tergantung dari kekuatan teman-teman ya. Setelah lelah berjalan kalian akan disuguhkan pemandangan air terjun berbentuk selendang diantara bebatuan dengan ketinggian 11 meter. Air terjun ini juga terdapat kolam di dasarnya yang dapat kamu gunakan untuk berenang. Bagi kamu yang suka selfi dan mengabadikan momen, kamu bisa naik ke atas bebatuan tetapi tetap harus berhati-hati ya karena bebatuannya cukup licin. Untuk menikmati air terjun ini kamu cukup membayar uang parkir saja loh.

AIR TERJUN SENDANG GILE

Kata orang kabupaten lombok utara merupakan surga destinasi air terjun soalnya kabupaten ini memiliki air terjun yang bak cerita didunia dongeng. Salah satunya air terjun sendang gile. Air terjun ini sudah terkenal hingga manca negara loh. Banyak wisatawan asing yang rela datang hanya untuk menikmati pesona alam air terjun sendang gile. Air terjun ini berlokasi di kawasan gunung rinjani tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Air terjun hanya berjarak 2 jam dari kota mataram dan harus melewati jalan setapak jika ingin mencapai lokasi ini. Tidak butuh waktu lama, hanya 20 menit dengan medan yang tidak terlalu sulit kamu sudah dapat menikmati air terjun setinggi 31 meter dengan pemandangan hijau yang melengkapi pesona air terjun ini. Fasilitas air terjun ini dilengkapi dengan 315 anak tangga yang memudahkan kamu untuk mencapai air terjun, selain itu kamu juga tidak perlu takut kelaparan atau kehausan, karena ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Untuk menikmati pesona wisata alam ini kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp.10.000.

AIR TERJUN TIU TEJA

Terletak di belantaran hutan rinjani tepatnya di Desa Santong, Kecamatan bayan. Air terjun ini hanya dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari kota mataram. Perjalan kamu menuju lokasi air terjun tidak akan membosankan karena kamu akan menemukan pemandangan luar biasa sepanjang rute. Kamu akan melintasi perkebunan kopi, saapaan ramah warga setempat, dan tentu saja hutan tropis di lereng gunung rinjani yang masih lebat. Setelah sampai pada tempat parkir kedua kamu hanya perlu berjalan kaki selama 10 menit saja. Oh ya disarankan jika kamu mau ke air terjun ini datang dengan menggunakan motor, jika kamu datang dengan menggunakan mobil, maka kamu hanya bisa sampai pada tempat parkir pertama dan ahrus menggunakan ojek untuk mecapai tempat parkir kedua.

Air terjun tiu teja juga disebut air terjun kembar karena memiliki 2 sisi air terjun yang berdampingan. Jika kamu datang pada saat cerah kamu akan melihat pelangi di antara air terjun kembar. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter dengan kolam di bawahnya. Kedalaman kolam ini hanya 1 meter dengan lebar 10 meter persegi, sehingga buat kamu yang hobi berenang, kolam di air terjun tiu teja ini aman. Untuk menikmati pesona wisata alam  ini kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp.10.000

AIR TERJUN TIU KELEP

Sebutan surga air terjun memang pantas disematkan untuk kabupaten lombok utara, selain sendang gile, tiu teja, kabupaten ini memiliki air terjun tiu kelep yang tidak kalah mempesona. Terletak di kaki gunung rinjani tepatnya Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Lokasinya berdekatan dengan air terjun sendang gile dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari kota mataram. Dari sendang gile kamu cukup berjalan sejauh 45 menit dengan jalur yang lebih menantang, teman-teman akan melalui sungai dengan bebatuan licin. Perjalanan menuju lokasi air terjun tidak akan membosankan karena kamu akan menemukan hutan yang dihuni beragam satwa.

Perjalanan 45 menit kamu akan terbayar lunas setelah sampai di air terjun tiu kelep. Air terjun bertingkat dengan ketjnggian 45 meter menyambut kedatangan kamu. Air jernih nan segar menambah pesona alam yang tersaji. Dibawah hujan air terjun terdapat kolam berwarna biru muda yang dapat kamu gunakan untuk bermain air sekedar melepas lelah. Tapi ingat ya teman-teman jangan bermain di dekat terpaan air terjun karena arus air terjunnya cukup deras. Untuk menikmati pesona alam air terjun ini kamu hanya perlu membayar Rp.10.000.

AIR TERJUN TIU NGUMBAK

Masih di kabupaten lombok utara, air terju kerta gangga ini berlokasi di Dusun Beleq, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Lokasinya dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari kota mataram. Perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi air terjun dapat kamu tempuh dalam waktu 45 menit, cukup jauh, tapi tenang saja karena kamu akan di suguhkan dengan rumah adat khas lombok. ini bisa menambah pengetahuan kamu loh. Jika kamu ingin mengunjungi air terjun ini kamu harus berhati-hati karena kamu akan melewati tebing dengan berpengan pada akar rotan dan bebatuan untuk turun kebawah.  Setelah jatuh bangun menuju lokasi ini, kamu akan di suguhkan pemandangan air terjun dengan ketinggian 40 meter dengan kolam jenih menanti di bawahnya. Air terjun ini jatuh menghantam bebatuan menambah ke eksotisan air terjun Tiu ngumbak. Jika kamu suka bermain air atau berenang kolam segar dan jernih sedang menanti kamu. Tidak perlu mengeluarkan kocek apapun untuk masuk ke destinasi wisata alam ini. Hanya butuh tekat yang kuat supaya kamu sampai pada surga dunia ini.

Bagaimana, tertarik bukan untuk menjelajahi destinasi air terjun di Pulau Lombok?. Kalau kalian tertarik segera agendakan liburan ke Pulau lombok ya, masih banyak lokasi yang wajib kalian kunjungi. Terakhir jika teman-teman sudah berkunjungan ke destinasi yang ada di lombok jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan yaa. Supaya yang lain juga punya kesempatan buat menikmati alam yang mempesona dan juga bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here