Air Terjun Benang Kelambu, Eksotisme Wisata di Kaki Gunung Rinjani

This post is also available in: English (English)

Gunung Rinjani adalah salah satu tempat wisata ikonik yang dimiliki oleh Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kegagahan salah satu dari sepuluh gunung tertinggi di Indonesia ini pun memang telah terkenal ke seluruh nusantara. Tak hanya memiliki keindahan di puncak saja, kaki Gunung Rinjani juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik. Salah satu spot wisata di kaki Gunung Rinjani yang wajib para traveler kunjungi adalah Air Terjun Benang Kelambu.

Letak dan Akses Menuju ke Air Terjun Benang Kelambu

Dari kota Mataram, kalian membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Bisa memilih memakai motor atau mobil sebab akses jalan sudah lumayan baik. Jarak antara Mataram ke air terjun ini setidaknya 30 kilometer saja atau tepat berada di Dusun Pemotong, Desai Aik Berik, Lombok Tengah. Jalan setapak 500 meter dari area parkir pun mampu merileksasi pikiran yang lelah. Pemandangan membelah hutan yang disajikan membuat mata enggan berpaling.

Keunikan Air Terjun Benang Kelambu

Seperti nama yang disematkan penduduk setempat pada tempat wisata ini, air terjun terlihat halus menyerupai benang kelambu. Bentuk air terjun ini pun berbeda seperti melebar layaknya tirai. Sebenarnya air terjun ini memiliki ketinggian yang lumayan namun terbagi dalam beberapa tingkatan. Tingkatan pertama memiliki ketinggian mencapai 30 meter, 10 meter pada tingkatan kedua dan 5 meter pada tingkatan terakhir.

Air Terjun Benang Kelambu, Eksotisme Wisata di Kaki Gunung Rinjani

Kalian bisa mencoba mendaki bebatuan jika ingin merasakan sensasi berbeda. Namun, pastikan berhati-hati saat mendaki sebab bebatuan di sekitar Air Terjun Benang Kelambu yang lumayan licin.  Jangan ragu berbasahan ria atau mandi di kolam paling bawah dan menikmati tetesan air dari semak dan rimbunan pohon.



Tempat ini sangat sejuk dan asri mengingat air yang mengalir langsung dari mata air Danau Segara Anak. Konon, para penduduk setempat percaya bahwa air yang mengalir di tempat ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, kalian bisa mencuci muka menggunakan air yang dipercaya bisa membuat awet muda. Nah, para sobat traveler tertarik mengunjungi destinasi wisata Lombok ini? Yuk, nikmati wisata alam menakjubkan di Air Terjun Benang Kelambu.

Sumber gambar: http://www.dutawisata.co.id/wp-content/uploads/2016/07/Air-Terjun-Benang-Kelambu.jpg, https://caderabdul.files.wordpress.com/2013/09/img_8386.jpg

 

Reply