Pulau lombok memang dikenal dengan wisata alam yang mempesona. Dari setiap penjuru di pulau ini dapat kamu temui berbagai tempat yang menyuguhkan keindahan alam yang menawan. Tidak hanya terkenal pulau seribu masjid, pulau ini juga memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang dapat kamu jelajahi dan tentunya memberikan kamu pengalaman baru dan tidak terlupakan. Penasaran? Yuk simak 5 rekomendasi aktivitas luar yang dapat kamu jelajahi

SNORKELING DAN DIVING

Source

Bagi kamu yang suka dengan aktivitas bawah laut. tenang saja, lombok punya banyak sekali spot bawah laut yang mempesona. Salah satu contohnya nih itu ada di gili. Baik gili terawangan, gili meno, maupun gili air. Gili terawangan ini terletak di kabupaten lombok utara tepatnya di Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju lokasi ini kamu bisa melalui jalur pusuk atau jalur senggigi. Kedua-duanya memiliki kelibihan tersendiri. Jika kamu melewati jalur pusuk, maka kamu akan menjumpai hutan yang dikelilingi oleh monyet monyet, dan jika kamu melewati pantai senggigi tentunya kamu akan melewati jejeran pantai cantik. Jarak yang perlu kamu tempuh untuk mencapai pulau kecil ini hanya 2 jam dari Kota Mataram.

Gili merupakan pulau kecil sehingga untuk mencapai gili kalian harus menyebrang untuk mencapai salah satu gili. Kalian tidak perlu khawatir karena biaya untuk mencapai salah satu gili ini hanya Rp.15.000 sekali menyebrang. Setelah sampai di gili jika kamu tidak ingin berlama-lama untuk menikmati pesona bawah laut, kamu bisa langsung mengunjungi tempat-tempat yang menyewekan alat-alat snorkeling dengan kisaran harga Rp.30.0000-50.000 saja.

Kalau kamu kurang puas snorkeling di pinggir pantai, kamu bisa menghubungi agen untuk mengikuti trip snorkeling. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mengikuti trip ini tergantung dari agen yang kamu hubungi, biasanya biayanya berkisar antara Rp.300.000-750.000 tergantung jumlah orang yang ikut tour ya dan sudah termasuk biaya privet boat. Buat kamu yang lebih suka menyelam ke dasar laut maka diving bisa menjadi solusinya. Tentu saja jika ingin diving kamu perlu menyelam bersama penyelam bersertifikat. Biaya yang kamu keluarkan mulai dari Rp.500.000 hingga 1.000.000 tergantung jenis paket menyelam yang kamu pilih dan tergantung dari pengalaman kamu menyelam. Jangan takut kemalaman bermain air di gili, karena banyak banget nih fasilitas penginapan yang dapat kamu kunjungin untuk sekedar merebahkan rasa lelah kamu. Tidak hanya di gili air, terawangan, meno saja loh spot snorkeling yang bisa kamu jumpai. Lombok masih punya segudang spot snorkeling yang cantik. Penasaran yuk ke Lombok.

SURFING

Image Source

Tidak hanya terkenal dengan spot snorkeling yang cantik, lombok juga memiliki tempat untuk berselancar salah satunya di pantai selong belanak. Lokasi ini berada di Kabupaten Lombok Tengah, jaraknya hanya 30 menit hingga 40 menit dari Bandara International Lombok dan 1,5 jam dari kota mataram. Untuk bisa bermain air, berselancar atau surfing kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp.5000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati berbagai fasilitas bermain air.

Jika kamu hobi berselancar dan tidak membawa alat surfing, tenang saja di pantai ini menyediakan berbagai fasilitas salah satunya menyewakan papan surfing. Cukup membayar Rp.50.000 kamu sudah dapat berselancar 1 hari penuh. Puas bukan. Nah bagi kalian yang penasaran banget mau berselancar tapi gak pernah berselancar alias belum mahir, tenang saja dipantai ini menyediakan guide lokal yang bisa ngajarin kamu berselancar cukup membayar Rp.50.000 guide lokal siap memandu kamu.

TRACKING

Image Source

Bagi kamu yang suka mendaki, tenang saja. Pulau Lombok juga punya gunung yang tidak kalah cantik dan terkenal di dunia mancanegara. Tentu saja Gunung Rinjani. Bagi kalian para pendaki rasanya tidak lengkap jika kalian tidak mendaki salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Untuk mencapai kaki gunung rinjani kamu perlu waktu 3 jam dari Bandara International Lombok. jika kamu butuh pemandu, tenang saja di lombok banyak jasa yang menyediakan pemandu wisata dengan biaya berkisar antara Rp.2.000.000 hingga Rp.5.000.000 tergantung dari jumlah peserta atau paket tour yang kalian ambil ya. Bagi teman-teman yang belum sanggup menjelajah gunung rinjani, jangan khawatir, kamu bisa mendaki bukit merese sebagai alternatifnya.

Tidak kalah mempesona. Bukit merese berlokasi di jalan kuta lombok, Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Bukit ini dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dari Bandara International Lombok dan kamu akan melewati berbagai pantai yang terkenal indah untuk mecapai bukit ini. Akses jalan menuju pantai ini sudah beraspal loh, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk bermain ke bukit ini. Untuk mencapai puncak tentu saja teman teman harus berjuang ya tapi tenang saja setelah mencapai atas bukit usaha kamu terbayar lunas dengan hamparan air laut biru dan hamparan bukit hijau. Kamu hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp.5000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil. Cukup tejangkau bukan. Tunggu apa lagi. Yuk ke lombok.

LOMBOK ELEPHANT PARK

Image Source

Bosan mengunjungi pantai, atau naik gunung. Kamu ingin memanjakan mata kamu dengan alam yang segar, sunyi, dan dikeliling berbagai binatang kamu wajib banget mengunjungi Lombok Elephant Park. Lombok Elephant Park kebun binatang yang dibuka sejak 1 maret 2017. Nah di dalamnya ini kamu dapat melihat berbagai macam satwa yang dilindungi seperti gajah, orang utan, bekatan, dan berbagai jenis buruh loh. Di dalam kebun ini kamu akan menemukan jalur-jalur khusus yang akan membawa kamu ke lokasi satwa satwa lucu. Nah bagi kalian yang mau berlibur ke tempat ini, lokasinya hanya berjarak 25 km dari kota mataram, lokasinya berada di lombok utara tepatnya di Desa Sigar Pinjalin Kecamatan Pemenang.

Berlibur ke Lombok Elephant Park kamu perlu menyiapkan biara sebesar Rp. 200.000 untuk dewasa dan Rp.150.000 untuk anak-anak. Kamu juga bisa mendapat paket lengkap seperti safari gajah dan coffe break jika kamu membayar sebesar Rp.450.000 untuk dewasa dan 350.000 untuk anak-anak. Dengan membayar paket lengkap kamu sudah bisa menaiki gajah selama 20 menit loh. Selain safari gajah, kamu juga bisa mengikuti aktivitas gajah seperti memandikan dan memberi makan gajah loh, kamu juga bisa menoton film edukasi tentang bagaimana habitat alami gajah. Seru bukan?. Ayo berkunjung ke Lombok Elephant Park mulai dari jam 09.00 hinga 18.00.

CANYONING

Image Source

Kamu suka wisata alam air terjun dan tidak puas hanya dengan menikmati bermain air di bawah air terjun dan ingin memacu adrenalin kamu? Tenang di pulau lombok juga sudah tersedia canyoning yaitu cara baru menikmati air terjun dengan cara mendaki atau menuruni air terjun. Menarik sekali bukan, selain dapat menikmati pemandangan segar kamu juga dapat menambah pengalaman baru kamu. Tapi untuk melakukan canyoning kamu tidak dapat melakukannya sendiri karena sangat berbahaya dan membutuhkan alat keselamatan diri.

Jadi untuk lebih amannya kamu perlu menggunakan jasa pemandu wisata yang menyediakan canyoning, harganya tergantung dari agen yang kamu tuju dan paket cayoning yang kamu ambil ya, yang jelas kamu harus menyiapkan uang yang lumayan banyak untuk sekedar menikmati pesona air terjung dengan cara yang lebih menantang demi keselamatan kamu. Tapi harga mahal akan terbayar lunas dengan pengalaman dan indahnya wisata alam yang kamu kunjungi.

Nah itu dia rekomendasi aktivitas luar ruangan yang dapat kamu lakukan jika ada di pulau lombok. Pulau lombok tidak memulu tentang pantai bukan, ada banyak hal yang bisa kamu jelajahi. Pesona alamnya tidak kalah menarik dari pulau dewata bali. Penasaran dengan pesona lombok yang memanjakan mata? Silahkan siapkan paket perjalanan liburan kamu. Pulau Lombok sedang menanti kamu untuk berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here