Cara Aman Berada di Pelabuhan Bangsal, Lombok

This post is also available in: English (English)

Pelabuhan Bangsal menjadi lokasi penyebrangan alternative untuk mencapai Gili Trawangan dengan harga yang bersahabat. Namun warga di lokasi ini terkenal kurang ramah dan cenderung kurang aman, lebih lagi untuk wisatawan asing.
Apakah ingin menyeberang dari pelabuhan Bangsal? Anda harus ekstra hati-hati, berikut modus yang sering terjadi untuk di antisipasi.


Naik Andong dengan Paksaan

Ketika sampai di sekitar pelabuhan, anda akan di paksa untuk menggunakan Andong atau biasa di kenal dengan nama Cidemo. Biaya yang harus dikeluarkan terbilang sangat mahal. Pada umumnya mereka akan mengatakan bahwa jaraknya masih sangat jauh.
Kenyataannya hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Nah, bagi wisatawan yang baru pertama kali tentu akan termakan perkataan mereka.
Walaupun begitu jangan menolaknya dengan kasar, sebaiknya lakukan negosiasi harga secara baik-baik. Katakan bahwa perjalanan tersebut bukanlah yang pertama kali dan jaraknya juga tidak terlalu jauh, maka anda akan mendapat harga lebih murah.

Sulit Mencari Transportasi Pelabuhan Bangsal

Beberapa pemilik perahu akan menghampiri anda saat berada di pelabuhan, mereka akan mengatakan bahwa tidak ada lagi transportasi yang kembali dari Gili Trawangan. Bagi pengunjung yang pertama kali, tentu akan langsung naik kapal tersebut meski harga terbilang tinggi.
BOHONG, semua yang dikatakan itu kebohongan, sebab banyak transportasi yang kembali dari Gili Trawangan. Oleh karena itu, hiraukan perkataan orang yang datang menghampiri dan langsung datang ke loket pembeli tiket. Di mana harga kapal sudah tertera, bahkan harga carter untuk sebuah kapal sudah ada dan tidak terlalu mahal.

Kuli Angkut Barang Memaksa

Ketika ada seseorang yang langsung mengangkut barang bawaan, sebaiknya segera anda cegah sebelum menentukan harga untuk angkut. Pasalnya anda akan dikenakan harga yang sangat mahal untuk jasa angkut barang saja.

Pernyataan Tidak Ada Air Minum

Hiraukan orang yang mengatakan bahwa di pulau tidak ada air minum, sementara mereka menawarkan barang dengan harga yang sangat mahal. Padahal di Gili Trawangan semua sudah tersedia, ada minimarket yang menyediakan banyak barang.
Pelabuhan Bangsal memang sudah terkenal dengan masalahnya, namun anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada pos polisi yang akan mengamankan pelabuhan. Jadi tidak akan kejahatan besar selama di pelabuhan.

https://image.jimcdn.com/app/cms/image/transf/none/path/s94661150d5d734fb/image/i33cdd56ac03ed032/version/1487583903/image.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TOKlzvY_PSs/WXMw3rX0doI/AAAAAAAADmg/g45742QxCYIrdCyN0IRYo3om_u_D6lFyQCLcBGAs/s1600/Bangsal.jpg

Reply