Lombok selalu menghadirkan berbagai jenis destinasi wisata yang cukup unik, menarik dan pastinya mempesona. Salah satu destinasi tersebut adalah desa Sembalun. Desa ini terletak di kawasan kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Bahkan desa ini terbagi menjadi 6 yaitu Sembalun Bumbung, Sembalun Timba Gading, Sembalun Lawang, Bilok Petung, Sajang dan Sembalun.
Desa-desa ini memiliki eksotisem alam yang cukup memukau. Karena rata-rata desa ini terletak persis di bawah lereng Gunung Rinjani. Jadi desa Sembalun memiliki pemandangan yang cukup indah dan memukau. Jika dari kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk mencapai desa ini.


Keindahan Desa Sembalun Lawang

Salah satu desa yang cukup terkenal di Kecamatan Sembalun ini adalah Sembalun Lawang. Selain sebagai pusat Kecamatan, desa yang satu ini juga memiliki keistimewaan tersendiri. Sobat bisa menikmati pemandangan alam yang sangat asri sekali serta daerah ini menjadi salah satu jalur pendakian paling favorit.
Alasan utama para pendaki memilih jalur awal pendakian melalui desa Sembalun adalah karena lebih bisa mengehmat energi untuk bisa mencapai Puncak Rinjani. Sobat juga akan disuguhkan udara yang sejuk dan sangat segar jika berada di Sembalun lawang ini. Kemegahan Gunung Rinjani terlihat sangat jelas sekali dari Sembalun lawang. Sehingga membuat para pendaki akan lebih bersemangat untuk memulai perjalanan.

Aneka Wisata yang Memukau di Sembalun

Sobat traveler khususnya pecinta Gunung juga bisa mengobati rasa rindu kepada Gunung Rinjani dengan berkunjung ke salah satu bukit di desa Sembalun. Nama bukit tersebut adalah bukit pergasingan yang memiliki pesona alam tak kalah dengan Puncak Rinjani. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1700 mdpl dan sangat cocok bagi sobat yang belum begitu terbiasa mendaki Gunung yang tinggi.

Desa Sembalun (1)
Desa Sembalun (1)

Sobat traveler juga bisa menikmati kesegaran air terjun yang terdapat di desa lereng Rinjani ini. Air terjun Mangku Sakti sendiri bersumber langsung dari Gunung Rinjani. Bahkan air terjun yang indah ini masih jarang diketahui para wisatawan. Jadi masih sangat alami dan asri. Sangat cocok bagi sobat yang menyukai wisata yang belum banyak terjamah manusia. Namun sarana dan jalannya juga masih seadanya karena belum dikelola dengan maksimal.

http://www.lombokwandertour.com/images/Sembalun.jpg
http://lombokbulanmadu.com/wp-content/uploads/2013/01/Sembalun20.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here