Kenapa kamu harus liburan ke Lombok waktu dekat ini ? ( Pasca Gempa )

Hallo sobat traveler, kali ini lagi kami sajikan sebuah alasan kenapa kalian harus liburan ke Lombok waktu dekat ini pasca gempa, mungkin sebelum itu kalian juga harus tau kenapa selama ini kalian harus liburan ke Lombok secara umum. Tak perlu dipungkiri beberapa tahun ini Lombok menjadi salah satu destinasi tujuan utama pavorit di dalam dan Luar Negri setelah lombok berhasil memenangkan berbagai penghargaan dalam bidang pariwisata di dunia Internasioanl diantaranya adalah World Halal Tourism Awards (WHTA) pada tahun 2016 lalu.

Secara umum kenapa kalian harus liburan ke Lombok dalam waktu dekat ini ?

Lombok Menyediakan Alam Yang Cantik

Alasan ke Lombok yang pertama adalah Pantai. Kamu suka pantai? Nah Lombok menyediakan itu hampir di sekujur tubuhnya. Dari Lombok Barat, Lombok Tengah bagian utara, Lombok Tengah bagian selatan, Lombok Timur, semuanya ada pantai dan kecantikannya tidak perlu diragukan.

Atau Anda suka gunung? Lombok punya gunung Rinjani yang kata teman-teman pendaki adalah salah satu gunung paling seksi untuk didaki. Itu kata mereka ya, saya yang bukan anak gunung ya mengangguk saja.

Intinya, keindahan alam Lombok sangat menggoda untuk dinikmati. Sayangnya karena meski sudah empat kali ke Lombok saya baru mencicipi seujung kuku keindahan tanah Lombok.

Lombok Masih Sangat Terjangkau

Kemudian, alasan Lombok yang kedua adalah soal harga. Sebagai pulau yang berada dekat dengan Bali dan masuk wilayah Indonesia tengah, Lombok relatif masih sangat terjangkau dari segi harga. Bandingkan dengan Maluku dan Papua misalnya, meski keduanya punya alam yang tak kalah indahnya tapi untuk bisa ke sana, alamakjang! Muahal! Apalagi Papua.

Lombok berbeda. Dari pulau Jawa dia belum seberapa jauh, dari pulau Sulawesi juga begitu. Bahkan, dari Makassar sudah ada penerbangan langsung yang harganya masih bisa terjangkau. Jadi beruntunglah mereka, tidak bermasalah dengan biaya yang membuat orang berpikir dua kali untuk datang ke Lombok.

Makanannya Enak-enak

That’s right brother and sister! Tiap ke Lombok saya selalu membayangkan makanan yang enak-enak dan pas di lidah. Bukan hanya ayam taliwang dan kangkung plecing, tapi bermacam-macam olahan laut dan daging-dagingan.

Ikan bakarnya segar dan rasanya agak manis, dilengkapi dengan bumbu yang pas sekali rasanya. Saya tidak ahli menerangkan rasa apa yang ada di bumbu-bumbunya, tapi intinya enaklah.

Rawon Sasak atau sate Rembiga juga enak. Ah, pokoknya bukan hal sulit untuk mencari makanan enak di Lombok. Kata teman sejawat saya, pulang dari Lombok berat badan bisa naik.

Budayanya Unik

Suku Sasak adalah suku terbesar yang mendiami pulau Lombok. Mereka secara budaya mendapat pengaruh besar dari berbagai suku lain di Indonesia. Musik gamelannya mirip musik Bali, bahasa daerahnya mendapat pengaruh Bali dan Jawa. Mereka menggunakan ‘tiang’ untuk menyebut orang pertama dan ‘nggeh’ untuk menyebut iya.

Dalam hal pakaian, mereka juga mendapat pengaruh dari Makassar. Pakaian perempuan suku Sasak mirip dengan baju bodo-nya orang Bugis Makassar. Ini kemungkinan karena pengaruh kerajaan Gowa memang sangat besar di Nusa Tenggara Barat, utamanya pulau Sumbawa.

Keunikan lainnya adalah di tata cara melamar gadis di sebagian suku Sasak. Anak gadis tidak boleh dilamar sebagai umumnya suku-suku lain di Indonesia, melainkan harus diculik dan dibawa lari oleh pria yang ingin menikahinya. Melamar justru dianggap sebagai penghinaan kepada keluarga si gadis.

Jadi setelah di gadis diculik dan dibawa lari, seorang utusan akan datang kepada keluarga si gadis untuk mengurus pernikahan antara keduanya secara baik-baik. Unik bukan?

Kearifan Lokal

Indonesia memang terkenal dengan masyarakatnya yang ramaha ramah, tidak terkecuali Lombok, dan pada tahu gak sih jika pada saat terjadi gempa kemaren Penduduk lokal sangat diapresiasi oleh dunia karna kesigapannya dalam membantu wisatawan yang terkena dampak sunami, baik dari efakuasi dll. terlampir cuplikan apresiasi yang di ungkapkan oleh berbagai negara yang dirangkum oleh Opini.id

Dan pasca Gempa ada nilai lebih yang bisa kamu dapatkan kenapa harus liburan ke Lombook

  1. Harga Bisa jauh lebih murah

    Tak bisa dipungikir setelah terjadi gempa banyak hotel yang menurunkan harganya karna telah lama tidak mendapat tamu dan tentunya untuk mengaet wisatawan untuk berlibur lagi ke Lombok

  2. Merasa Lebih Nyaman karna masih sepi

    Buat kalian yang ingin liburan di salah satu destinasi yang biasanya pengunjungnya ramai, maka saat ini masih akan terasa berkurang, contohnya adalah Gili Trawangan, Contoh kecilnya jika kalian ingin berfotoan di ayunan pinggir pantai Gili Trawangan tahukah kalian bahwa kalian harus antri lama lama untuk bisa berfoto sebentar disana, tetapi jika kondisi agak lenggang maka kalian bisa menikmati sesuka hati..

  3. Membantu Pulihkan Kondisi Ekonomi Masyrakat Lombok

    Setelah terjadi gempa tentunya perekonomian masyarakat Lombok menjadi tidak stabil, terutama di bagaian pariwisata, karna masyarakat Lombok saat ini memang sangat ketergantungan degan kemajuan perekonomian terutama dibagaian Pariwisata. sehingga degan berlibur ke Pulau Lombok kalian sudah bisa membantu membalikkan image Lombok yang sudah aman, dan memang dah benar benar aman kok.. 😉

Nah itulah beberapa alasan kenapa kalian harus liburan ke Lombok waktu dekat ini pasca gempa, bagi yang sudah terlanjur cencel atau rescedule silahkan hubungi Travel agent masing masing yah.. Kita tunggu di Lombok 🙂

 

Reply