Mengenal Lebih Dekat Dengan Seni Dan Budaya Pulau Lombok 2020

Hal lain yang membuat Lombok unik adalah kekayaan budaya dan tra disi kesenian masyarakatnya. Jika berkunjung ke Lombok, sempatkanlah untuk menikmati berbagai atraksi budaya dan juga kesenian. Wisatawan bisa menyaksikan Tari Gandrung , Gendang Beleq, dan juga Peresean.

KESENIAN TRADISIONAL

Gendang Beleq merupakan musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok. Kata Gendang berasal dari bunyi dang dang atau dung dung ketika alat musik tersebut ditabuh. Dan kata beleq diambil dari bahasa Sasak yang berarti besar. Awalnya musik gendang beleq dijadikan sebagai musik penyemangat untuk para prajurit yang se-
dang berperang maupun datang dari peperangan. Namun dewasa ini, gendang beleq digunakan sebagai pengiring dalam upacara-upacara adat seperti pernikahan, aqiqah, dan upacara-upacara besar.

GENDANG BELEQ

Awalnya musik gendang beleq dijadikan sebagaimusik penyemangat untuk para prajurit yang sedang berperang maupun datang dari peperangan.

TARI GANDRUNG

Salah satu tarian yang terkenal di masyarakat Sasak adalah Tari Gandrung. Tari ini juga sering disebut dengan Tari Jangger. Lahir untuk menghibur para prajurit yang pulang dari
medan perangdan awalnya hanya digunakan sebagai hiburan saja. Tari Gandrung biasanya dilakukan di sebuah arena yang dikelilingi penonton. Diantara penonton tersebut sekaligus sebagai calon penari Gandrung. Dalam bahasa Sasak disebut dengan “pengibing” atau “ngibing” yang berarti menari.

Dalam perkembangannya, seiring berjalannyawaktu, tarian ini juga dikembangkan menjadi suatu tarian pertunjukan, denganbeberapa penataan ulangdalam segi gerak, kostum,
jumlah pemain maupunpenyajian pertunjukannya. Sehingga dapat ditampilkan di berbagai acara baik sebagai hiburan, pertujukan seni, dan sebagai dayatarik wisata.

PERISEAN

Peresean adalah sebuah adegan pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai (ende dalam bahasa Sasak) kulit kerbau yang tebal dan keras. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Peresean termasuk dalam seni tari daerah Lombok. Petarung dalam Peresean biasanya disebut pepadu dan wasit disebut pakembar.

Dahulu Peresean digelar untuk melatih ketangkasan suku Sasak dalam mengusir para penjajah. Latar belakang Peresean adalah pelampiasan emosional para raja pada masa lampau ketika menang dalam perang tanding melawan musuh-musuhnya.

Selain itu, dahulu Peresean juga termasuk media yang digunakan oleh para pepadu untuk melatihketangkasan, ketangguhan, dan keberanian dalam bertanding. Konon, Peresean juga sebagai upacara memohon hujan bagi suku Sasak di musim kema-
rau. Kini, Peresean digelar untuk menyambut tamu atau wisatawan yang berkunjung ke Lombok.