Penerbangan Ke Lombok

Untuk mencapai Pulau Lombok bukanlah hal sulit. Anda bisa mengunjungi pulau surga ini melalui berbagai alternatif jalur, seperti jalur udara, laut dan darat. Secara umum Lombok bisa dicapai dari kota-kota besar yang ada di Indonesia. Seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, dan lain sebagainya.

Mencapai Lombok melalui jalur udara adalah alternatif yang paling umum. Karena Lombok sudah memiliki bandara yang berskala Internasional, maka pulau ini dapat dicapai melalui penerbangan dari bandara-bandara yang ada di kota-kota besar diatas. Mayoritas maskapai penerbangan domestik menyediakan penerbangan langsung ke Lombok. Namun ada beberapa jalur penerbangan yang melewati atau transit dahulu di bandara Bali. Untuk Anda yang tidak sabar ingin segera berwisata ke Lombok, jalur udara ini adalah alternatif yang paling sesuai. Hanya saja, Anda harus menyediakan dana yang lebih banyak dibanding melalui altrnatif jalur lainnya.

Penyeberangan Kapal Ferry di LombokMelakukan penerbangan ke Pulau Lombok merupakan alternatif jalur yang paling cepat. Penerbangan mencapai Lombok dari Jakarta biasanya memakan waktu sekitar 4 jam penerbangan. Jika Anda melakukan penerbangan dari Surabaya, Lombok bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan dari Pulau Bali, penerbangan ke Lombok akan memakan waktu sekitar 20 menit saja. Relatif singkat, bukan?

Mecapai Lombok melalui jalur darat dan laut tidak jauh berbeda. Jalur darat hanya akan membawa Anda ketika berada di daratan saja, misalnya dari Jakarta atau Bandung. Namun Anda harus melalui jalur laut untuk menyeberang ke daratan setelahnya. Karena wilayah Indonesia Timur meyoritas berupa gugusan kepulauan, maka jangan heran bila Anda akan sering menempuh perjalanan melewati jalur laut.

Perjalanan ke Lombok melalui Jalur Laut biasanya menggunakan Kapal Laut, yang mayoritas disediakan oleh PT. PELNI. Sedangkan dari pulau terdekat seperti Bali atau Sumbawa, perjalanan ke Lombok bisa ditempuh dengan menggunakan Ferry atau kapal cepat (speed boat). Biasanya di Pulau Lombok Anda akan menginjakkan kaki di Pelabuhan Lembar atau pelabuhan Labuhan dahulu. Pelabuhan Lembar adalah pelabuhan yang ada di Lombok bagian Barat, sedangkan Pelabuhan Labuhan berada di Lombok bagian Timur. Kedua pelabuhan ini merupakan gerbang masuk ke Pulau Lombok.

Perjalanan ke Lombok melalui jalur darat dan laut membutuhkan waktu yang lebih lama, dibandingkan dengan menggunakan jalur udara. Namun untuk Anda yang memiliki waktu luang, ingin merasakan pengalaman yang lebih banyak, serta hanya memiliki dana yang terbatas, kedua jalur ini adalah pilihan yang tepat. Walaupun memakan waktu yang relatif lama, namun pengalaman dan petualangan yang lebih berwana dan beragam akan Anda dapatkan selama perjalanan menuju Lombok.

Khusus bagi Anda yang memilih jalur darat dan jalur laut untuk mencapai Lombok, disarankan agar Anda mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Usahakan membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak, sehingga Anda lebih mudah membawa dan mengontrol barang bawaan Anda. Persiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup, tetapi jangan khawatir karena di beberapa kota selama perjalanan mudah ditemui fasilitas ATM. Uang tunai tersebut akan lebih efisien untuk melakukan transaksi selama perjalanan Anda. Serta sebaiknya Anda tidak memakai perhiasan yang terlalu mencolok, demi keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda. Selamat berpetualang.