Pulau Lombok selalu menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang jarang diketahui para traveler. Ikon utama Pulau Lombok sendiri adalah Gunung Rinjani yang tampak gagah dan megah. Dibalik kegagahan dan kemegahannya terdapat banyak sekali air tejun yang sangat indah. Salah satunya adalah air terjun Tiu Teja yang masih sangat alami dan asri.


Mungkin sobat traveler masih cukup asing mendengar nama air terjun ini. Namun perlu sobat ketahui, kepopuleran air terjun ini sekarang sudah mulai didengar olah para traveller lainnya. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa air terjun Tiu Teja lebih bagus daripada air terjun yang sudah lebih dulu terkenal

Keunikan Air Terjun Tiu Teja

Namanya air terjun pasti sudah bisa kita bayangkan bagaimana bentuknya. Namun ada keunikan dari air terjun ini dibandingkan air terjun di tempat lain. Karena sobat akan disuguhkan dua buah air terjun yang cukup besar dengan ukuran yang hampir sama persis. Keadaan air terjun ini akan semakin indah saat mulai terkena hamparan sinar matahari yang menimbulkan bias-bias pelangi tipis.

Air Terjun Tiu Teja (2)
Air Terjun Tiu Teja (2)

Kamu juga bisa menikmati kesegaran air terjun Tiu Teja pada kolam dibawahnya dengan luas 10 meter persegi dan kedalaman 1 meter saja. Jadi bagi yang tidak bisa berenang jangan khawatir karena kedalaman hanya 1 meter saja yang sangat aman untuk menikmati kesegaran airnya.

Transportasi Pendukung

Air terjun Tiu Teja berjarak sekitar 60 KM dari pusat kota Mataram. Nah, bagi yang ingin berkunjung ke air terjun ini bisa menggunakan sepeda motor. Karena jika mobil hanya akan berhenti sampai di pintu gerbang saja. Mobil akan sangat kesulitan untuk mencapai lokasi inti karena masih ada jarak sejauh 2 KM. Jalur tersebut juga terdiri dari kebun dan hutan yang cukup lebat. Untuk menuju ke lokasi air terjun akan memerlukan jasa ojek. Jadi lebih praktis menggunakan sepeda motor saja.
Istimewanya lagi, bagi kamu yang hobi berpetualang bisa mengunjungi air terjun Tiu Teja dengan mendaki. Nanti kamu akan melintasi rute kebuh kopi, hutan tropis lereng Rinjani dan berbagai aneka satwa yang hidup di alam liar. Titik terakhirnya berada di Pos Pemantau Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

http://2.bp.blogspot.com/-wKW0Go8ZZC4/VK0UipXm5II/AAAAAAAABeo/_S6fFpiuZMQ/s1600/Air%2BTerjun%2BPelangi%2BKembar%2BTiu%2BTeja.jpg
http://ngadem.com/wp-content/uploads/2015/11/tempat-wisata-baru-di-lombok-air-terjun-ciu-teja.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here