Pesona Puncak Pergasingan Miniatur Puncak Rinjani

This post is also available in: English (English)

Ayokelombok.com | Hampir semua jenis destinasi wisata di wilayah Lombok selalu menarik untuk kita kunjungi. Ada banyak sekali objek wisata yang disuguhkan seperti Gunung Rinjani, aneka pantai, air terjun, dan juga Puncak Pergasingan yang tak kalah indah dengan puncak Rinjani. Bukit ini berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl yang membuat udara disekitarnya cukup sejuk dan nyaman.
Dari atas bukit ini kita bisa melihat dan menikmati pemandangan kawasan desa Sembalun seperti sawah-sawah yang terlihat rapi, pepohonan yang hijau dan lain-lain. Selain itu juga bisa dilihat dengan jelas kawasan lereng Rinjani yang masih sangat segar dan asri. Puncak Pergasingan sangat cocok bagi siapapun yang ingin menikmati Gunung Rinjani tapi belum terbiasa mendaki.


Banyak sekali para pendaki yang menggunakan kawasan puncak ini untuk pemanasan tahap awal sebelum mendaki ke Gunung Rinjani. Bahkan banyak juga yang memanfaatkannya sebagai pelampiasan karena pendakian menuju Puncak Rinjani ditutup.

Kemudahan Akses Menuju Puncak Pergasingan

Salah satu yang membuat destinasi wisata ini cukup direkomendasikan adalah adanya sarana berupa tangga. Bagi sobat yang masih pemula akan sangat dimudahkan dengan adanya tangga-tangga ini.
Namun pada beberapa lokasi harus lebih berjuang karena medan terdiri dari tanah dan batu yang cukup licin dan curam. Apalagi rutenya memiliki kemiringan sekitar 70 derajat. Jadi intinya memang semua harus tetap hati-hati walaupun sudah terdapat anak tangga yang cukup kokoh.

bukit pegangsingan

Lebih nyamannya lagi, kamu hanya perlu melakukan pendakian sekitar 600 mdpl saja karena desa Sembalun sudah berada di ketinggian 110 mdpl. Untuk menuju gerbang pendakian Puncak Pergasingan, kamu bisa berjalan kaki atau juga menyewa ojek motor. Jika mau disana juga terdapat penyewaan mobil pick up yang muat untuk mengangkut banyak orang. Harga tiket masuk juga sangat terjangkau sekali dengan suguhan pemandangan yang super indah dan menawan.

Hal yang terpenting, jika mengunjungi berbagai destinasi wisata, kamu harus selalu menjaga kelestarian alam disekitarnya. Sebagai contoh bisa menjaga dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Kalau perlu bawalah sampah-sampah orang lain yang berserakan turun ke bawah sehingga alam Puncak Pergasingan akan selalu lestari, alami dan asri.

https://4.bp.blogspot.com/-mroRUKvl2dU/V9dsp8cDq5I/AAAAAAAAAC8/7C_wI4Dr_Z0E7cZ0KrAu2qe2vvTsXvDoQCLcB/s1600/1254-d58c4cd601790766086ee932b0187c0b.jpg
https://sembalunpetualang.files.wordpress.com/2016/03/img_9667.jpg?w=640

Reply