Mataram – Tentunya masyarakat Lombok sudah menjadi informasi yang telah banyak didengung dengungkan bahwa Mandalika akan jadi tuan rumah MotoGP 2021 mendatang. Kini Polda NTB dan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) berkerjasama pengamanan di sekitar sirkuit.

Tentunya kita tahu bahwa Lokasi calon sirkuit perhelatan akbar dunia tersebut berada di salah satu loksi di pulau lombok yang bisa kita bilang sedikit rawan, hal iniĀ  sudah bukan menjadi informasi tabu lagi bagi masyarakat NTB. dan tentunya sudah sering terdengar berbagai kabar kurang enak bagi para pelancong asing beberapa tahun lalu yang membuat masyarakat geram. akan tetapi menanggapi hal ini Polda NTB telah menjadi keamanan sirkuti mandalika lombok menjadi salah satu tempat ajang perhelatan Akabar Motor GP yang akan aman dan kondusif.

Kapolda NTB Irjen Nana Sudjana dan Presiden Direktur PT ITDC Abdulbar M Mansoer telah menandatangani Nota Kesepahaman tersebut pada Rabu (4/9) di Hotel Novotel, Kuta, Lombok Tengah. Nota Kesepahaman itu merupakan bantuan Polri kepada pihak PT ITDC yang memiliki arti penting bagi terselenggaranya tujuan negara, khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terutama masalah pembangunan destinasi pariwisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah. Antara lain mendukung kelancaran proses pembangunan infrastruktur sirkuit MotoGP.

Nota Kesepahaman itu berisi kegiatan pertukaran data dan atau informasi, jasa pengamanan, kontijensi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pengawasan dan pengendalian serta penegakan hukum.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wujud komitmen Polri dalam mendukung terselenggaranya proses pembangunan nasional khususnya faktor keamanan dalam pembangunan perekonomian di wilayah NTB.

KEK Mandalika merupakan salah satu dari empat destinasi wisata unggulan yang masuk dalam program percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

“Saya berkomitmen terhadap keamanan orang asing atau turis sehingga tidak menjadi korban kejahatan. Kami maksimalkan langkah-langkah pencegahan. Rasa memiliki juga ada pada kami sebagai bagian dari warga NTB,” jelas Irjen Nana Sudjana dalam keterangannya, Kamis (5/9/2019).

Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman itu menjadi tanda dimulainya kerja sama antara pihak Polri dengan PT ITDC yang berpedoman pada prinsip-prinsip saling menguntungkan, kesetaraan dan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta akuntabel sesuai ketentuan yang berlaku.

Semoga dengan telah terjadinya kesepakatan ini tidak ada hambatan untuk menjadikan Mandalika lombok sebagai tuan rumah Motor GP 2021 mendatang.

Nana juga memberikan penekanan dengan harapan Nota Kesepahaman itu nantinya lebih bisa diimplementasikan dengan kegiatan-kegiatan nyata seperti butir-butir kesepakatan yang tertera dalam perjanjian tersebut.

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-4694346/polda-ntb–itdc-jamin-jaga-keamanan-di-sirkuit-mandalika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here