Sumber Air Panas Aik Kalak di Kaki Gunung Rinjani

Sumber Air Panas Aik Kalak di Kaki Gunung Rinjani (2)
Sumber Air Panas Aik Kalak di Kaki Gunung Rinjani (2)

Sumber air panas Aik Kalak- Di Indonesia banyak sekali sumber air panas yang berguna untuk kesehatan dan dijadikan tempat wisata. Salah satunya wisata air panas Aik Kalak yang terletak di kaki Gunung Rinjani, di Lombok. Masyarakat Lombok tidak asing dengan sumber air panas satu ini, tetapi tidak hanya masyarakat Lombok masyarakat luar juga mengenal wisata indah satu ini.

Nilai Mistis Gunung Rinjani dan Sumber Air Panas Aik Kalak

Seperti yang kamu tahu, Gunung Rinjani membawa daya tarik luar biasa terhadap para wisatawan, saat wisatawan berkunjung ke tempat ini bisa ditemukan sumber air panas disana. Masyarakat sering menyebut sumber air panas tersebut dengan sebutan Aik Kalak, masyarakat sekitar percaya dulunya sumber air panas ini adalah pemandian dari Jayengrana. Tokoh utama pewayangan ini terkenal di kalangan Gumi Sasak.


Jangan heran Gunung Rinjani pun ditengah masyarakat Lombok terkenal dengan cerita mistisnya. Gunung ini merupakan simbol kesakralan di Pulau Lombok, tetapi nilai mistis bukan menjadi masalah bagi para wisatawan yang haus akan keindahan-keindahan alam. Jadi saat mengunjungi Gunung Rinjani, wisatawan harus mengunjungi sumber air panas ini juga.

Sumber Air Panas Aik Kalak di Kaki Gunung Rinjani (2)
Sumber Air Panas Aik Kalak di Kaki Gunung Rinjani (2)

Sumber air panas Gunung Rinjani ini sering didatangi wisatawan dari berbagai daerah untuk keperluan yang berbeda-beda. Sumber air panas ini memiliki kekuatan mistis yang manjur digunakan untuk pengobatan, mampu meningkatkan daya tahan pada tubuh. Jadi ketika kamu disini, banyak wisatawan yang berendam dan bersantai di sumber air panas ini.

Mencapai Tempat Kolam Sumber Air Panas Aik Kalak di Kaki Gunung Rinjani

Sumber air panas ini terdapat dua tempat dengan bentuknya kurang beraturan. Mencapai lokasi sumber air panas di kaki Gunung Rinjani, kamu harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki melewati hutan nasioanal. Jalur yang dilewati cukup berliku dan naik turun. Disini siapkan kondisi badan yang ekstra kuat dan fit agar bisa melewati perjalanan dengan selamat.
Waktu tempuh menuju sumber air panas ini sekitar 7 sampai 8 jam perjalanan dari perkampungan terdekat. Melihat waktu yang digunakan sangat banyak, maka kamu bisa berkemah disekitar sumber air panas Aik Kalak. Namun perlu hati-hati bahwa disini banyak segerombolan monyet yang bisa sewaktu-waktu mencuri perbekalanmu.

Sumber gambar: http://static.panoramio.com/photos/large/63647434.jpg, http://static.panoramio.com/photos/large/84914813.jpg