Banyak orang menjadikan Pulau Lombok sebagai tujuan wisata pada saat liburan dan pada hari-hari tertentu. Beberapa alasan orang menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata diantaranya karena Pulau Lombok memiliki banyak sekali spot wisata yang menarik misalnya saja pantainya yang indah, pegunungannya yang eksotis, dan pura-pura nya yang tidak kalah menarik dari Pulau Bali. Namun, terlepas dari indahnya beragam spot wisata yang ada, kita juga harus menerapkan tips wisata di Lombok agar lebih aman.

Tips Wisata Di Lombok Yang Aman

Hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi pada saat kita traveling ke Pulau Lombok. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya kita menerapkan beberapa tips wisata di Lombok berikut ini agar nantinya liburan kita tidak terganggu. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini!

1. Persiapan Yang Matang

tips wisat di lombok
tips wisat di lombok persiapan

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan wisata ke Pulau Lombok ialah dengan membuat daftar persiapan. Persiapan adalah bagian terpenting dari suatu kegiatan. Bahkan meskipun hal-hal yang kita lakukan tidak berkaitan dengan pekerjaan, sebuah persiapan tetap harus dilakukan. Persiapan yang matang akan membantu kita menjalani liburan dengan maksimal nantinya.
Tips wisata di Lombok ini bisa Anda mulai dari mengatur waktu keberangkatan. Atur waktu keberangkatan penerbangan yang pas ialah pada hari Jumat. Perlu diingat, bila Anda hanya memiliki waktu liburan 3 hari, maka hari Jumat adalah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan khususnya penerbangan. Berbeda bila Anda memiliki waktu libur yang lumayan panjang, maka Anda masih bisa memilih hari lainnya untuk penerbangan.

2. Membuat Daftar Barang Bawaan

tips wisata di lombok persiapan
tips wisata di lombok persiapan

Selain waktu, tips wisata di Lombok yang harus Anda perhatikan ialah buatlah daftar barang-barang yang akan Anda bawa. Cermati barang-barang yang penting maupun yang wajib untuk Anda bawa. Usahakan untuk tepat memilih barang yang akan dibawa. Barang wajib yang perlu dibawa misalnya saja obat-obatan, pakaian, make up untuk wanita, alat komunikasi, dan jangan lupa surat-surat yang diperlukan. Atur pula berapa berat koper yang Anda bawa nantinya agar tidak membebani Anda saat liburan.

3. Memperhatikan Lokasi Yang Dikunjungi

tujuan-liburan
tujuan-liburan

Memperhatikan lokasi yang nantinya dikunjungi menjadi bagian dari tips wisata di Lombok kedua. Meski Anda sudah memilih paket liburan sesuai dengan keinginan, akan tetapi sebaiknya Anda tetap memperhatikan keamanan diri sendiri saat berada di lokasi wisata. Pulau Lombok memiliki banyak spot wisata. Diantaranya ialah pantai, gunung, wisata desa, air terjun hingga pura dan wisata oleh-oleh.

4. Ikuti Aturan Yang Diberikan Pemandu Wisata

tour guide tips wisata
tour guide tips wisata

Tips wisata di Lombok selanjutnya yaitu mengikuti peraturan yang ada. Berbeda tempat wisata pastinya berbeda pula aturan yang harus ditaati. Sebisa mungkin tetap taati peraturan yang sudah dijelaskan oleh pemandu wisata. Misalnya saja bila Anda diminta untuk menggunakan baju berwarna kuning atau selempang kuning untuk menghormati tradisi tempat wisata tersebut, maka sebaiknya lakukanlah hal tersebut. Atau pada saat Anda traveling di wilayah pegunungan, maka usahakan untuk tetap memperhatikan keamanan.
Sebisa mungkin ikuti arahan dan jalur yang sudah disediakan oleh pemandu wisata. Jalur tersebut tentunya lebih aman untuk dilewati ketimbang Anda menggunakan jalur tertentu yang tidak disarankan. Begitu pula saat berada di pantai, sebaiknya bila pantai dalam kondisi yang tidak bagus, ikuti arahan untuk tidak bermain di tepian laut.

5. Tayakan Armada + Minta Foto Armada

Jika anda memilih destinasi wisata Lombok di bagian utara disana dikenal degan medan yang cukup curam, sehingga membutuhkan armada yang memiliki kondisi baik, sehingga jika anda menggunakan jasa transportasi di Lombok, yakinkan diri anda di handle oleh armada dengan kualitas baik, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

6.  Persiapkan Kondisi Fisik

Lombok terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah tidak hanya pantainya, banyak destinasi wisata di lombok yang merupakan perbukitan, sehingga anda membutuhkan fisik yang prima untuk mencapai lokasi destinasi wiasata, contohnya adalah gunung rinjani,  bukit merese, bukit sembalun dll. tanyakan kepada tour guide anda apakah lokasi yang dituju membutuhkan tega extra atau tidak.

7. Jangan pergi ke destinasi wisata yang sepi ala backpackeran ( Jumlah yang kecil )

Saat ini semua serba gampang, kita bisa melihat lokasi destinasi wisata di lombok melalui google map, kita bisa sewa motor di Lombok dan memberanikan diri untuk mengunjungi destinasi wista yang belum pernah kita kunjungi, kita tidak mengetahui apakah destinasi wisata tersebut dekat dengan pemukiman atau tidak, ramai atau tidak, hal ini kami sarankan agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Lombok itu aman, namun kejahatan tidak terjadi karna hanya ada niat, tetapi juga kesempatan,

8. Gunakan Guide Lokal

Selain dari travel agent, atau jasa transportasi yang anda gunakan jasanya untuk memandu anda selama perjalanan, di beberapa destiansi wisata di Lombok ada beberapa destinasi yang memang membutuhkan guide lokal, jadi jika anda mengunjungi salah satu destinasi wisata di lombok dan ditawarkan guide lokal, maka kami sarankan untuk menerimanya demi kenyamanan anda selama liburan.

Nah, itulah beberapa tips wisata di Lombok yang bisa diterapkan saat mengunjungi beragam objek wisata di Lombok. Meski sedang liburan, keamanan dan kenyamanan Anda tetap harus dipertimbangkan. Karena itu, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas. Selamat mencoba dan berwisata yang aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here